Kopi Luwak dan anak Krakatau jadi andalan wisata Lampung

>> Sabtu, 08 Oktober 2011


JAKARTA: Kopi Luwak, wisata ke Anak Krakatau dan berselancar di pantai Tanjung Setia, Krui menjadi tujuan wisata andalan di Provinsi Lampung yang dipromosikan berkaitan dengan penyelenggaraan Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) 2011

Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Joko Umar Said mengatakan kedua obyek wisata andalan dan produk komoditi ekspor kopi luwak dari Lampung Barat akan dipromosikan pada peserta TIME dari dalam dan luar negri.

"TIME mendorong pariwisata Lampung berkembang dan komitmen Gubernur akses infrastruktur ditingkatkan sehingga potensi wisata yang ada mendunia," kata Wagub malam ini di dampingi Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Menurut dia, untuk kegiatan selancar di Tanjung Setia, Krui, Lampung Barat kini ditunjang dengan beroperasinya lapangan terbang Pekon Serai, Krui yang di darati pesawat Susi Air.

TIME yang mempertemukan penjual (seller) produk wisata dengan para pembeli (buyer) dari mancanegara menghabiskan dana sebesar Rp 6 miliar, namun target transaksi yang diharapkan mencapai US$ 20 juta.

Meity Robot, ketua penyelenggara TIME mengatakan penyelenggaraan sebelumnya di Lombok transaksinya mencapai US$ 17,5 juta dan mengangkat citra pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pengembangan pariwisata membutuhkan komitmen para stakesholders di daerah itu. Oleh sebab itu komitmen dan dukungan pejabat terkait dan kalangan swasta di daerah yang selama ini dikenal dengan sekolah gajah Way Kambas sangat dibutuhkan.

Terpilihnya Bandar Lampung sebagai tempat penyelenggaraan satu-satunya contract trade show di Indonesia ini untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan fasilitas pariwisata untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman).

TIME berlangsung di Hotel Novotel Bandar Lampung pada 12-15 Oktober 2011 yang diikuti sedikitnya 100 buyer dari 30 negara a.l AS, Australia, Jerman, Belanda dan pasar baru adalah Slovenia, Slovakia, Yunani, Ceko dan Meksiko.

Wagub Lampung Joko Umar Said optimistis pariwisata Lampung akan melesat karena di wilayah Krui juga ada atraksi ikan lumba-lumba seperti di Pantai. Lovina, Bali dan kuliner lobster yang belum banyak diketahui wisatawan.(api)
Oleh Hilda Sabri Sulistiyo
Sumber : http://www.bisnis.com/articles/kopi-luwak-dan-anak-krakatau-jadi-andalan-wisata-lampung

0 komentar:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP