Kebun Raya Bedugul Dipenuhi Wisatawan

>> Rabu, 26 Agustus 2009


Denpasar, CyberNews. Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Kabupaten Tabanan, dipenuhi wisatawan, terutama warga Bali yang memanfaatkan libur panjang akhir pekan bertepatan menyongsong peringatan HUT Kemerdekaan RI.


kebun raya seluas 157,5 hektare itu hampir di setiap sudut dipenuhi rombongan keluarga dan kelompok pemuda/masyarakat yang melakukan berbagai kegiatan dan makan bersama menu bawaan masing-masing.

Melimpahnya pengunjung warga lokal yang berbaur dengan wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara, juga ditandai deretan parkir mobil pribadi dan mobil perusahaan agen perjalanan, yang hampir memenuhi seluruh pinggir jalan di dalam kawasan kebun raya itu.

"Dalam dua hari libur panjang ini pengunjung melimpah, jumlahnya mungkin sudah mencapai belasan ribu. Mobil pengunjung sampai sulit cari tempat parkir. Areal parkir sepeda motor juga sampai tak mampu menampung," kata seorang petugas kebun raya yang berada di ketinggian 1.250-1.450 di atas permukaan laut itu.

Kelompok-kelompok pengunjung melakukan berbagai aktivitas, seperti jalan keliling, olah raga permainan tarik tambang, mengasuh anak-anak naik-turun lereng berumput, hingga merayakan ulang tahun dengan menampilkan aneka suguhan hiburan spontan.

Di lokasi wisata yang resmi didirikan pada 15 Juli 1959, kini memiliki 2.111 jenis tumbuhan meliputi sekitar 18.000 spesimen tanaman koleksi itu, sebagian besar pengunjung membawa bekal tikar untuk istirahat sambil menikmati santapan makan siang, sebelum kabut turun saat menjelang sore hari.

Menurut pelaku pariwisata Ratna Soebrata dari Denpasar yang juga berlibur di kebun raya itu bersama keluarganya, warga Bali, terutama dari sekitar Kota Denpasar, biasa menikmati udara segar di Kebun Raya Bedugul saat libur akhir pekan.

"Dengan santai sejenak di alam yang dipenuhi rindang pepohonan ini, kita bisa menghirup udara segar, sekaligus melepas kepenatan rutinitas kerja. Ini juga menjadi tempat piknik yang murah bersama keluarga," katanya.

Lokasi wisata berjarak sekitar 50 kilometer dari Denpasar dengan nama resmi Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI itu mengenakan tiket masuk Rp 7.000 per orang dan Rp 12 ribu untuk mobil jenis minibus.

Kepala Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI, I Nyoman Lugrayasa sebelumnya mengatakan, jumlah pengunjung dalam setahun hingga pertengahan 2009 mencapai sekitar 420 ribu, termasuk 20 ribu turis mancanegara.

Peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya tergolong tinggi, karena pada tahun 1975 saat kebun raya itu baru dikenal sebagai obyek wisata, pengunjung dalam setahun hanya 4.728 orang, katanya. ( Ant / CN13 )

Suara Merdeka
16 Agustus 2009
Gambar header: http://www.krbedugul.lipi.go.id/

0 komentar:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP