Peringkat Investasi RI Ditargetkan Masuk 100 Besar

>> Rabu, 23 Februari 2011


JAKARTA: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan peringkat Indonesia bisa naik ke urutan 100 dalam doing business 2012 versi Bank Dunia yang akan di rilis pada kuartal IV/2011.


Posisi Indonesia saat ini berada di urutan 121 dari 183 negara dan kawasan ekonomi di dunia. Posisi tersebut turun enam peringkat dari posisi sebelumnya 115 pada 2010.

Kepala BKPM Gita Wirjawan mengatakan Indonesia kini telah banyak melakukan perbaikan di bidang investasi, salah satunya dalam hal proses perizinan.

"Kita terus menyikapi permasalahan di bidang investasi, salah satunya dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu [PTSP] dan juga koordinasi antara pusat dan daerah," katanya di Jakarta hari ini.

Dia berharap dengan perbaikan-perbaikan tersebut akan membuat peringkat Indonesia naik ke posisi 100 besar.

"Ini memang sangat ambisius dan mudah-mudahan bisa tercapai, tentunya dengan penyelesaian atas hambatan-hambatan yang ada," jelasnya.

Untuk 5 tahun ke depan, Gita mematok target peringkat doing business Indonesia bisa menempati posisi 75 besar. "Lima tahun ke depan kalau bisa sih di top 75," ujarnya.

Optimisme yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Menteri PPN/Sekretaris Utama Kepala Bappenas Syahrial Loetan.

Menurutnya, untuk mencapai peringkat 100 besar bukanlah hal sulit bagi Indonesia, terlebih saat ini pemerintah sudah bekerja keras menyelesaikan berbagai hambatan di bidang investasi. "Kalau bagus itu di bawah 50 peringkatnya," katanya.

Berdasarkan laporan doing business 2011 Bank Dunia, Indonesia di bandingkan dengan negara-negara Asean berada pada urutan keenam atau di bawah Singapura (1), sementara Thailand (19), Malaysia (21), Vietnam (78), dan Brunei Darussalam (112).

Laporan tersebut dibagi atas sembilan indikator, a.l. memulai bisnis (Indonesia pada indikator ini di peringkat 121), mendapatkan kredit (peringkat 116), melindungi investor (peringkat 44), dan perdagangan lintas negara (peringkat 47).(er)

0 komentar:

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP